Ms Access Query & Form

Pertemuan_11

Pada pertemuan 11 ini, kami beljar membuat query pada Ms Access. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan tabel Exel yang berisi data seperti gambar di bawah ini.


2. Klik tabel pada sheet pegawai → Ctrl+A → Ctrl+N → Ctrl+V.
3. Save data dalam file .csv dan .xlsx

4. Buka Microsoft Acces
5. Buat tabel pegawai, gol_pangkat dan unit_kerja. (Create → Table → maka akan muncul Table1 → klik kanan pada Table1 (yang di atas ID) → save → ketikan nama table (ex: pegawai) → klik kanan pada table pegawai → design view → ketikan field yang dibutuhkan)

6. Ulangi langkah 5 untuk data gol_pangkat dan unit_kerja.
7. Import data dari file text (.csv) atau excel (.xlsx) yang telah dibuat sebelumnya. Saran saya menggunakan file excel saja karena lebih mudah.

8. Masukkan filenya → Ok → next → next → next → finish

7. Maka akan seperti gambar berikut.

8. Buat Relationship antar ketiga table. (Klik Database Tools → Relationship → muncul kotak dialog → blok ketiga table → add → close). Maka akan tampil seperti berikut. 

9. Drag golongan pada table gol_pangkat ke gol_pangkat pada table pegawai1. Begitu juga dengan nama unit yang ada di table unit_kerja didrag ke unit_kerja pada table pegawai1.
(centang ketiga kolom yang ada di diaolog)


10. Membuat Query
Klik Create → Query Design → muncul kotak dialog → block semua table → add → close → muncul Query1 → klik kanan → save → beri nama Query.
Misalkan kita hanya ingin menampilkan data pegawai perempuan dengan unit kerja BPPK, maka kita tinggal double klik nama, gender dengan criteria 0 (perempuan) dan unit kerja dengan criteria BPPK pada table pegawai.

11. Klik Run pada menu Design. Dan sudah selesai.
Pada hasil akhir dapat kita lihat bahwa pegawai perempuan yang bekerja di BPPK hanya 2 orang dengan nama yang ada di atas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN KOMPUTER

Ms Access - Report & Navigasi

MICROSOFT POWERPOINT II