PENGALAMAN PRATIKUM V

Pertemuan ke-7, Microsoft Excel

     Pada pertemuan ke-7 ini kami mempelajari tentang fungsi lookup, charts, freeze, sorting & filtering, grouping, dan page layout pada Microsoft Excel. Diantara materi tersebut yang membuat saya bingung adalah fungsi lookup. Sebenarnya mudah dalam membuat fungsi lookup ini, modal dasarnya adalah kita harus teliti, karena kekurangan dalam memberi tanda petik saja tidak bisa menghasilkan data yang kita inginkan.

FUNGSI LOOKUP
  • VLOOKUP
     Fungsi Vlookup ini digunakan untuk mencari data pada table yang tersusun secara vertical (tegak atau judul data ada pada baris pertama). Bentuk penulisannya adalah: =VLOOKUP(lookup_value, table_array,col_index_num.[range_lookup})
  • HLOOKUP

     Fungsi Hlookup ini digunakan untuk mencari data pada table yang tersusun secara horizontal (mendatar atau judul data ada pada kolom pertama). Bentuk penulisannya adalah: =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num.[range_lookup])

CHARTS
     Charts atau grafik membantu untuk memvisualisasikandata sehingga mudah dipahami dan menghasilkan dampak maksimum.

FREEZE
     Freeze merupakan fitur pada Microsoft excel yang menjadikan cel tertentu tetap terlihat meski scroll bar pada lembar kerja Excel discroll atau digulung. Dalam Microsoft excel terdapat 3 jenis Freeze Panes, yaitu:
  • Freeze Panes untuk melakukan freeze panes di area tertentu yang kita inginkan.
  • Freeze Top Row untuk melakukan freeze panes pada baris teratas dari sheet.
  • Freeze First Column untuk melakukan freeze panes pada kolom pertama dari sheet.
HASIL PRATIKUM










Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN PRATIKUM III

PENGERTIAN KOMPUTER

DATABASE