PENGALAMAN PRATIKUM III

MENGOLAH DATA DENGAN MS. EXCEL

     Pada pertemuan 5 ini kami belajar tentang Microsoft Excel. Kami belajar bagaimana mengolah data dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Ms. Excel. 
     Operator matematika yang digunakan adalah "+" untuk penjumlahan, "-" untuk pengurangan, "*" untuk perkalian, "/" untuk pembagian, "^" untuk perpangkatan, dan "%" untuk persentase.
     Kami juga menggunakan fungsi text yaitu fungsi UPPER (untuk mengubah bentuk huruf menjadi huruf kapital), fungsi LOWER (untuk mengubah bentuk huruf menjadi huruf kecil), fungsi PROPER (untuk mengubah bentuk huruf menjadi huruf capital pada huruf pertama saja pada setiap kata), fungsi TRIM (untuk menghapus space yang berlebihan), fungsi LEN (untuk menghitung Panjang karakter), fungsi LEFT (untuk mengambil sejumlah karakter dari kiri), fungsi RIGHT (untuk mengambil sejumlah karakter dari kanan), fungsi MID (untuk mengambil sejumlah karakter dan posisi tertentu), fungsi CONCATENATE (untuk menggabungkan kata), fungsi FIND (untuk mencari text), dan fungsi SEARCH (untuk mencari text). Perbedaan FIND dengan SEARCH yaitu terletak pada sifatnya, FIND bersifat case sensitive yaitu jika kita mencari kata dengan menggunakan huruf kecil maka yang kita ketik juga harus dengan font kecil. Sedangkan SERACH tidak bersifat case sensitive. Walaupun kita mengetik menggunakan huruf kecil di kata yang telah ditulis dengan huruf besar, tetap bisa ditemukan. 
     Selain itu kami juga belajar membuat format date, berikut adalah contohnya:
dddd, dd mmm 'yy  → ex: Kamis, 11 Oktober '18
dd mmm yyyy  → 11 Okt 2018
dan lain-lain.

Berikut adalah hasil belajar kami :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN KOMPUTER

DATABASE