PENGERTIAN KOMPUTER

          Komputer (computer) berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Arti komputer secara keseluruhan yaitu perangkat elektronik, yang beroperasi di bawah instruksi kontrol yang disimpan dalam memorinya sendiri, yang dapat menerima data (input), memroses data sesuai dengan aturan yang ditentukan (proses), menghasilkan hasil (output), dan menyimpan hasilnya (penyimpanan) untuk digunakan kemudian.

SEJARAH KOMPUTER

o  Pra Komputer

Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), menemukan kalkulator roda numerik yang dilengkapi dengan delapan roda putar bergerigi. Alat tersebut diberi nama Pascaline dan digunakan untuk menghitung pajak. Kelemahan alat ini yaitu hanya bias melakukan penjumlahan.




Pascaline




Pada tahun 1694, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan yang bekerja dengan menggunakan roda-roda bergerigi. Pada tahun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang diberi nama Arithometer. Alat ini dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar (+, -, /, x).




Arithometer

Sumber: http://www.historyofinformation.com


Pada tahun 1822, Charles Babbage (1791-1871) menemukan mesin differential yang dapat melakukan perhitungan persamaan differensial, dapat menyimpan program & melakukan kalkulasi serta dapat mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin tersebut menggunakan tenaga uap.


Mesin Babbage

Sumber : http://2.bp.blogspot.com


       Pada tahun 1832, Babbage bersama asitennya, Agusta Ada King (1815-1842) membuat komputer general-purpose yang pertama disebut Analytical Engine. Agusta Ada King merupakan programmer wanita pertama yang membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengomunikasikan spesifikasi kepada public, membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrogaman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Pada tahun 1889, Herman Hollerith (1860-1929) menciptakan alat mekanik dengan menerapkan prisnsip kartu perforasi (berlubang) untuk menyimpan data. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Penghitungan pada Biro Sensus USA selesai dalam 6 bulan padahal sensus sebelumnya (1880) membutuhkan waktu 7 tahun. Kelebihan alat ini yaitu dapat meminimalisir tingkat kesalahn.



Perkembangan Kartu Perforasi (puch card)



       Alat tersebut dikomersialisasikan. Pada tahun 1896, Holerith mendirikan Tabulating Machine Company (berubah menjadi International Business Machine 1924). Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintah untuk pemrosesan data hingga tahun 1960.

       Pada tahun 1931, Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial yang dianggap rumit. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena mempunyai ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan.

       John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik (merujuk hasil kerja George Boole (1815-1864)), bahwa setiap persamaan matematika dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Atanasoff dan Berry merupakan pembuat computer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. 



       Perang Dunia II mendorong pengembangan komputer untuk keperluan militer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse (insinyur Jerman) membangun computer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943, Inggris menyelesaikan komputer Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman (radio transmisi nazi). Colossus bukan komputer serbaguna. Keberadaan mesin ini dijaga krahasiaannya hingga 10 tahun setelah perang berakhir.




The Z3 an early computer built by German engineer Konrad Zuse




       Komputer Mark I (The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator), dirancang oleh Howard H. Aiken (1900-1973) dari Harvard yang bekerja pada IBM untuk keperluan US Navy. Panjang komputer ini setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (perlu 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).



       Pada tahun 1945, Elektonic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980) dari University of Pennsylvania. Computer ini awalnya digunakan untuk keperluan militer. Kelebihan dari komputer ini yaitu computer serbaguna (general purpose computer), bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. namun computer ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak bias menyimpan data. Computer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Konsumsi daya komputer ini sebesar 160 KW.





ENIAC




       Pada tahun 1940, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pensylvania. John Von Neuman membangun konsep desain computer yang hingga 40 tahun masih dipakai dalam teknik komputer, selain itu dia juga mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data. Teknik ini memungkinkan computer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitekturnya yaitu unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.




Tahun 1951, Remington Rand membuat UNIVAC I (Universal Automatic Computer I).

Sumber: http://2.bp.blogspot.com



o  Generasi I (1949-1955)

Karakteristik komputer generasi I

·         instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.

·         Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “Bahasa mesin” (machine language).

·         Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk deprogram dan membatasi kecepatannya.

·         Menggunakan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan

·         Menggunakan silinder magnetik untuk penyimpanan data.



o   Generasi II (1956-1965)

·         Tahun 1956

Pada tahun 1956, transistor mulai digunakan di computer (menggantikan vacum tube) sehingga ukuran komputer jauh berkurang. Transistor merupakan semikonduktor (setengah penghantar) yang dipakai sebagai penguat, sirkuit pemutus & penyambung (switching), stabilisasi tegangan, dan modulasi sinyal. Selain itu, pada tahun ini pengembangan memori inti magnetik menjadikan komputer lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi.



·         IBM membuat supercomputer STRETCH dan Sprery-Rand membuat LARC.

Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang mrupakan indtruksi yang bias dijalankan komputer. Bahasa assembly merupakan bahasa tingkat rendah yang memakai kode mnemonic  untuk menggantikan kode biner agar lebih mudah diingat sehingga memudahkan penulisan program. Mnemonik adalah singkatan dari suatu perintah atau intruksi sebagai piranti untuk membantu ingatan, seperti LOAD disingkat LD.



·         Tahun 1960-an, komputer generasi kedua sepenuhnya sudah menggunakan transistor yang dapat digunakan di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer tersebut sudah memiliki printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program. Contoh IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.



·         Tahun 1965

Hampir seluruh bisnis besar menggunakan koputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Bahasa pemrograman yang digunakan Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Tanslator (FORTRAN) yang menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan untuk memprogam dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli system komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.



o   Generasi III (1966-1975)

Pada generasi ini, transistor menggantikan tube vakum yang berukuran besar, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.

Tahun 1958 ditemukan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) yang mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen –komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya dalah penggunaan system operasi (operating system) yang memugkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoorinasikan memori komputer.






IBM personal computer




o   Generasi IV (1976-1995)

Setelah IC, ukuran sirkuit & komponen elektrik makin kecil, muncul Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 (dibuat tahun 1971) membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen komputer (central processing unit, memori. & kendali input/ output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan minicomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan, yang paling popular saat itu adalah program word processing & spredsheet

Tahun 1981, IBM memperkenalkan Personal Computer untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, laptop. Komputer dapat dihubungkan dalam suatu jaringan untuk berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan saling berkomunikasi.



o   Generasi V (1995-Sekarang)

Komputer generasi V merupakan komputer masa depan yang ditandai dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia serta kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing. 






KLASIFIKASI KOMPUTER



DATA YANG DIOLAH

Berdasarkan data yang diolah, komputer dibedakan menjadi:

o   Komputer Analog, digunakan untuk menerima sinyal analog. Biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, seperti penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.

o   Komputer Digital, data yang diterima sudah berupa data digital. Fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Jenis komputer ini banyak digunakan oleh masyarakat umum.

o   Komputer Hybrid, memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital, diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif.



PENGGUNAANNYA

Berdasarkan penggunaanya, komputer dibedakan menjadi dua yaitu:

o   Special Purpose Computer, dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu, seperti untuk kasir pada supermarket.

o   General Purpose Computer, komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, contohnya adalah personal computer.



SKALA KEMAMPUANNYA

Berdasarkan skala kemampuannya, komputer dibedakan menjadi:

o    Small Scale Computer, memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil, seperti komputer desktop.

o    Medium Scale Computer, merupakan Komputer yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal (hanya terdiri dari monitor & keyboard dan hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima tetapi tidak dapat melakukan pemrosesan lain).

o    Large Scale Computer, merupakan komputer mainframe yang dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap.



UKURANNYA

Berdasarkan ukurannya, komputer dibedakan menjadi:

o  Minicomputer, merupakan komputer server yang bersifat multiuser dan time shared, misalnya IBM AS/400. Komputer ini diproduksi untuk meyediakan layanan pada perangkat komputer lainnya pada jaringan komputer (250 user secara simultan). Ukuran minicomputer lebih besar daripada microcomputer dan workstation. Alat ini menggunakan data center, web server, network service, virtualization, serta dilengkapi dengan powerfull processor, lost of memory, large hard drives.



Varian
Processor
OS
Memory
Storage
HP Proliant DL980 G7
Intel (Xeon) 8 processor, 10 cores per CPU
Windows, Suse Linux Enterprise, Red Hat Enterprise
Up to 4 TB
8 SSF/SSD SAS



o  Microcomputer

Merupakan perangkat komputer berukuran relatif kecil yang didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan komputasi pemakai umum. Microcomputer ini dapat berupa notebook/laptop, tablet, smartphine, handheld computer, dan PDA.



Varian
CPU
OS
Memory
Storage
Desktop PC/ Laptop
Intel, AMD
Windows, Linux, Mac OS
8GB
2 TB
Smartphone
ARM, Qualcomm, Apple
Android, Windows Phone, iOS, BB, Tizen
2 GB
64 GB
Thin Client
ARM, VIA
Embedded Linux, Embedded Windows
4 GB
2 GB



o  Workstation

Seperti halnya microcomputer, namun dengan kemampuan yang lebih tinggi (CPU, Memory, GPU, storage), kebanyakan digunakan untuk perancangan gambar teknik (CAD/CAM), pengolahan grafis 3D, video, hingga pengembangan software.



Varian
Processor
OS
Memory
Storage
HP Z230
Intel (core i7, Xeon)
Windows, Suse Linux Enterprise, Red Hat Enterprise
Up to 32 GB ECC/ non-ECC
Up to 9 TB




o  Mainframe, mirip dengan minicomputer namun lebih besar yang umumnya digunakan untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, dimana membutuhkan pengolahan data yang cukup berat. Kemenkeu pernah memiliki mmainframe tersebut yang digunakan untuk mencetak dokumen anggaran (DIK & DIP), terakhir kali digunakannya untuk pencetakan DIP pada (sekitar) tahun 2001.



o  Supercomputer, merupakan komputer yang powerfull dimana aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini memiliki beberapa processor sekaligus untuk menjalakan tugas, contohnya: Earth Simulator yang digunakan untuk memonitor efek pemanasan global dan masalah geofisika bumi.





Superkomputer

Sumber: https://img.purch.com





PENGGOLONGAN KOMPUTER



Tipe
Processor
Form Factor
OS
Speed
Mainly Used
Supercomputer (operates in nano or pico second)
Large number
blade- cabinet - room
Specially tailored (most linux)
33,86 Petaflops
Weather forecasting, climate research, energy resource, physical simulations
Mainframe
Large number
Node-cabinet
Specially tailored (most linux)
981,024 MIPS
Large Business Env.
Server
8 processor
Blade, tower, rack
Windows, Linux
n * MIPS
Medium Business env.
Workstation
Single with multicore
Tower, Laptop
Windows, linux, Mac OS
n * 100 MIPS
Advanced User
Microkomputer (operates in nanosecond)
Single with multicore
Desktop PC, Laptop, Tablet, Smartphone, PDA
Windows, Linux, Mac OS
100 MIPS Single core 2.8 GHz (1 instruction = 20 cycle)
Common user






MICROCONTROLLER


Microcontroller adalah jenis komputer khusus yang dibenamkan dalam suatu perangkat elektronik. Contoh peralatan yang terdapat microcontroller di dalamnya yaitu microwave, televise, kamera digital, video recorder, mesin penjawab otomatis, printer laser, telepon, mesin cuci dan saat ini banyak digunakan dalam pembuatan robot pintar.





Microcontroller









DIGITASI DATA



Digitasi data merupakan pengubahan data karakter ke dalam bentuk rangkaian kode ‘1’ dan ‘0’ . Pengubahan tersebut dimaksudkan agar karakter yang biasa dibaca oleh manusia dapat dibaca oleh mesin. Cara transformasi karakter ke Bahasa biner meliputi:

1.      ASCII (American Standard Code for Information Interchange)

2.      SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchanged Code)

3.      EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchanged Code)

4.      Unicode



ASCII

Terdapat dua macam ASCII, yaitu yang mempergunakan 7 bit dan 8 bit. Pada ASCII yang mempergunakan 7 bit, terdapat dua kelompok karakter, yaitu:

1.      Karakter Kontrol, digunakan untuk mengontrol pengiriman atau transmisi data.
2.   Karakter Informasi, merupakan karakter yang mewakili data.

  

Terdapat beberapa macam karakter kontrol, yaitu



o  Transmission control, digunakan untuk mengendalikan arus data yang dikirimkan melalui media transmisi. Contoh : SOH (Start of Header), STX (Start of Text), EOT (End of Text);

o  Format effector, digunakan untuk mengatur susunan secara fisik dari informasi yang ditampilkan ke layar. Contoh : LF (Line Feed), CR (Carriage Return), FF (Form Feed);

o  Device control, digunakan utk mengendalikan peralatan fisik di terminal;

o  Information separator, digunakan sebagai elemen pembatas data yang ditransmisikan. Contoh : US (Unit Separator), RS (Record Separator), FS (File Separator).



Unicode



Unicode menggunakan 16 bit untuk merepresentasikan karakter. Shg banyaknya karakter yg dpt direpresentasikan adalah 216 atau 65.536 karakter. Keunggulan Unicode dari ASCII adalah kemampuannya utk menyimpan simbol/karakter yang jauh lebih besar. Himpunan 256 karakter pertama dari Unicode merupakan pemetaan karakter ASCII 8 bit, sehingga Unicode tetap kompatibel dengan ASCII. Selain merepresentasikan seluruh karakter ASCII, Unicode dpt merepresentasikan juga berbagai macam simbol diluar ASCII, seperti huruf Arab, Kanji, dan lain-lain.



BASIS

Bilangan memiliki basis, yang biasa dipergunakan adalah basis 10 atau decimal.

Contoh sebuah bilangan:

1523, artinya:

= 1000 + 500 + 20 + 3

= 1 . 1000 + 5 . 100 + 2 . 10 + 3 . 1

= 1 . 103 + 5 . 102 + 2 . 101 + 3 . 100



Contoh basis bilangan:

o    System bilangan jam, menggunakan basis 12

o    Perhitungan hari, menggunakan basis 7 (ahad= 1, Senin= 2, Sabtu= 0)

o    Desimal (basis 10): 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

o    Oktaf (basis 8): 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

o    Heksa decimal (basis 16): 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F

o    Biner (basis 2): 0, 1



BINER (basis 2): 0,1

Perubahan dari basis 10 ke biner dilakukan dengan operasi division (pembagian bulat) dan modulus (sisa pembagian bulat).

Contoh: 39 akan diubah menjadi basis 2

39 dibagi 2= 19, sisa 1

19 dibagi 2= 9, sisa 1

9 dibagi 2= 4, sisa 1

4 dibagi 2= 2, sisa 0

39= 100111



CARA KERJA KOMPUTER



Sistem komputer adalah rangkaian terintegrasi dari hardware dan software yang didesain untuk memproses data dan menghasilkan informasi. Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah adalah program yang beisi instruksi-instruksi, dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam operasi komputer.

Input Device

Input device adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam komputer. Yang termasuk input device diantaranya yaitu : keyboard, pointing device (mouse, touchpad, touchscreen), scanner, sensor, microphone, remote control, digital video camera, code reader, dsb.

·         Keyboard adalah contoh perangkat input untuk input teks.

·         Pemindai adalah contoh perangkat input untuk grafis serta input teks.

·         Mikrofon adalah contoh perangkat input untuk input audio

·         Kamera web adalah contoh perangkat input untuk input video.

·         Mouse juga merupakan perangkat input tetapi disebut perangkat penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer.



Output Device

Output device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan/menghasilkan informasi sebagai hasil dari pengolahan data. Secara umum, output device dapat berupa hardcopy, softcopy, atau suara. Sebagai contoh, yaitu monitor, printer, speaker, dsb.



-          Monitor adalah contoh perangkat keluaran yang dapat digunakan untuk menampilkan teks. Ini juga dapat menampilkan grafik dan video. Ini mirip dengan satu set televisi yang menerima sinyal video dari komputer dan menampilkan informasi di layarnya.

-          Proyektor Liquid Crystal Display (LCD) menggunakan sumber cahayanya sendiri untuk memproyeksikan apa yang ditampilkan pada komputer di dinding atau layar proyeksi. Sebuah proyektor pemrosesan cahaya digital (DLP) menggunakan cermin kecil untuk memantulkan cahaya yang dapat dilihat dengan jelas di ruangan yang cukup terang.

-          Printer adalah perangkat keluaran yang mencetak teks dan gambar pada media fisik seperti kertas atau film transparansi.

-          Perangkat output audio menghasilkan musik, ucapan, atau suara lainnya. Sepasang speaker adalah perangkat output audio yang menghasilkan suara. Headphone adalah sepasang speaker kecil yang ditempatkan di atas telinga dan dicolokkan ke port pada kartu suara. Sebuah woofer atau subwoofer digunakan untuk meningkatkan suara bass rendah dan terhubung ke port pada kartu suara.


Storage Device

                  Storage device adalah perangkat/peralatan yang digunakan untuk menyimpan data. Terdiri dari primary storage (main memory) dan secondary storage.


Storage Device




Communication Device

      Communication device adalah perangkat/peralatan yang digunakan untuk dapat melakukan komunikasi data, seperti kartu jaringan, modem, switch, router, access point, repeater.



Bus

Bus adalah jalur komunikasi elektronik yang menghubungkan setiap komponen hardware dalam sebuah komputer. Struktur bus secara umum terdiri atas data bus, address bus, dan control bus. Contoh bus: memory bus, FSB.



     Chipset

Chipset adalah perangkat/elemen yang bertindak sebagai pengatur lalulintas data antara CPU, memory, dan perangkat lainnya. Umumnya terdiri atas northbridge dan southbridge.


Chipset

Sumber: https://image.dhgate.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ms Access - Report & Navigasi

MICROSOFT POWERPOINT II