PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer (computer) berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Arti komputer secara keseluruhan yaitu perangkat elektronik, yang beroperasi di bawah instruksi kontrol yang disimpan dalam memorinya sendiri, yang dapat menerima data (input), memroses data sesuai dengan aturan yang ditentukan (proses), menghasilkan hasil (output), dan menyimpan hasilnya (penyimpanan) untuk digunakan kemudian.
SEJARAH
KOMPUTER
o Pra Komputer
Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), menemukan kalkulator roda numerik yang dilengkapi dengan delapan roda putar
bergerigi. Alat tersebut diberi nama Pascaline dan digunakan untuk menghitung
pajak. Kelemahan alat ini yaitu hanya bias melakukan penjumlahan.
Pascaline
Sumber: https://cdn.britannica.com
Pada
tahun 1694, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline
dengan membuat mesin yang dapat mengalikan yang bekerja dengan menggunakan
roda-roda bergerigi. Pada tahun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan
mesin yang diberi nama Arithometer. Alat
ini dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar (+, -, /, x).
Arithometer
Sumber:
http://www.historyofinformation.com
Pada
tahun 1822, Charles Babbage (1791-1871) menemukan mesin differential yang dapat
melakukan perhitungan persamaan differensial, dapat menyimpan program &
melakukan kalkulasi serta dapat mencetak hasilnya secara otomatis. Mesin
tersebut menggunakan tenaga uap.
Mesin
Babbage
Sumber :
http://2.bp.blogspot.com
Pada tahun
1832, Babbage bersama asitennya, Agusta Ada King (1815-1842) membuat komputer
general-purpose yang pertama disebut Analytical Engine. Agusta Ada King
merupakan programmer wanita pertama yang membantu merevisi rencana, mencari
pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengomunikasikan spesifikasi kepada
public, membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin. Pada tahun 1980,
Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrogaman dengan
nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Pada tahun 1889, Herman Hollerith (1860-1929)
menciptakan alat mekanik dengan menerapkan prisnsip kartu perforasi (berlubang)
untuk menyimpan data. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.
Penghitungan pada Biro Sensus USA selesai dalam 6 bulan padahal sensus
sebelumnya (1880) membutuhkan waktu 7 tahun. Kelebihan alat ini yaitu dapat
meminimalisir tingkat kesalahn.
Perkembangan
Kartu Perforasi (puch card)
Alat
tersebut dikomersialisasikan. Pada tahun 1896, Holerith mendirikan Tabulating
Machine Company (berubah menjadi International Business Machine 1924).
Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat
pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh
kalangan bisnis dan pemerintah untuk pemrosesan data hingga tahun 1960.
Pada tahun
1931, Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan
persamaan differensial yang dianggap rumit. Mesin tersebut sangat besar dan
berat karena mempunyai ratusan gerigi dan poros untuk melakukan perhitungan.
John V.
Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan
aljabar Boolean pada sirkuit elektrik (merujuk hasil kerja George Boole
(1815-1864)), bahwa setiap persamaan matematika dapat dinyatakan sebagai benar
atau salah. Atanasoff dan Berry merupakan pembuat computer elektrik pertama di
tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.
Perang
Dunia II mendorong pengembangan komputer untuk keperluan militer. Pada tahun
1941, Konrad Zuse (insinyur Jerman) membangun computer Z3 untuk mendesain
pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943, Inggris menyelesaikan
komputer Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman (radio
transmisi nazi). Colossus bukan komputer serbaguna. Keberadaan mesin ini dijaga
krahasiaannya hingga 10 tahun setelah perang berakhir.
The Z3 an early
computer built by German engineer Konrad Zuse
Sumber: http://www.computerhistory.org
Komputer
Mark I (The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator), dirancang
oleh Howard H. Aiken (1900-1973)
dari Harvard yang bekerja pada IBM untuk keperluan US Navy. Panjang komputer
ini setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.
Mesin tersebut beroperasi dengan lambat (perlu 3-5 detik untuk setiap
perhitungan) dan tidak fleksibel
(urutan kalkulasi tidak dapat diubah).
Pada tahun
1945, Elektonic Numerical Integrator and
Computer (ENIAC), dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John
W. Mauchly (1907-1980) dari University of Pennsylvania. Computer ini awalnya
digunakan untuk keperluan militer. Kelebihan dari komputer ini yaitu computer
serbaguna (general purpose computer), bekerja 1000 kali lebih cepat
dibandingkan Mark I. namun computer ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak
bias menyimpan data. Computer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000
resistor, dan 5 juta titik solder. Konsumsi daya komputer ini sebesar 160 KW.
ENIAC
Pada tahun 1940, John Von Neumann (1903-1957) bergabung
dengan tim University of Pensylvania. John Von Neuman membangun konsep desain
computer yang hingga 40 tahun masih dipakai dalam teknik komputer, selain itu
dia juga mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada
tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program maupun data.
Teknik ini memungkinkan computer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian
melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitekturnya yaitu unit
pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk
dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
Tahun 1951,
Remington Rand membuat UNIVAC I (Universal Automatic Computer I).
Sumber:
http://2.bp.blogspot.com
o Generasi I (1949-1955)
Karakteristik
komputer generasi I
·
instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu
tugas tertentu.
·
Setiap computer memiliki program kode biner yang
berbeda yang disebut “Bahasa mesin” (machine
language).
·
Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk deprogram dan
membatasi kecepatannya.
·
Menggunakan tube vakum (yang membuat komputer pada masa
tersebut berukuran sangat besar) dan
·
Menggunakan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
o
Generasi
II (1956-1965)
·
Tahun
1956
Pada tahun
1956, transistor mulai digunakan di computer (menggantikan vacum tube) sehingga
ukuran komputer jauh berkurang. Transistor merupakan semikonduktor (setengah
penghantar) yang dipakai sebagai penguat, sirkuit pemutus & penyambung
(switching), stabilisasi tegangan, dan modulasi sinyal. Selain itu, pada tahun
ini pengembangan memori inti magnetik menjadikan komputer lebih cepat, lebih
dapat diandalkan, dan lebih hemat energi.
·
IBM membuat
supercomputer STRETCH dan Sprery-Rand membuat LARC.
Komputer
generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa mesin adalah kumpulan kode biner yang mrupakan
indtruksi yang bias dijalankan komputer. Bahasa assembly merupakan bahasa tingkat rendah yang memakai kode mnemonic untuk menggantikan kode biner agar lebih mudah
diingat sehingga memudahkan penulisan program. Mnemonik adalah singkatan dari suatu perintah atau intruksi sebagai
piranti untuk membantu ingatan, seperti LOAD disingkat LD.
·
Tahun
1960-an, komputer generasi kedua sepenuhnya sudah menggunakan
transistor yang dapat digunakan di bidang bisnis, di universitas, dan di
pemerintahan. Komputer tersebut sudah memiliki printer, penyimpanan dalam
disket, memory, system operasi, dan program. Contoh IBM 1401 yang diterima
secara luas di kalangan industri.
·
Tahun
1965
Hampir seluruh
bisnis besar menggunakan koputer generasi kedua untuk memproses informasi
keuangan. Bahasa pemrograman yang digunakan Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Tanslator (FORTRAN) yang menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia. Hal ini memudahkan untuk memprogam dan mengatur komputer. Berbagai
macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli system komputer).
Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
o
Generasi
III (1966-1975)
Pada generasi
ini, transistor menggantikan tube vakum yang berukuran besar, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak
bagian-bagian internal komputer.
Tahun 1958
ditemukan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) yang mengkombinasikan
tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari
pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen
–komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya,
komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam
chip.
Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya dalah penggunaan system operasi (operating
system) yang memugkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoorinasikan
memori komputer.
IBM
personal computer
Sumber: https://cdn.cultofmac.com
o
Generasi
IV (1976-1995)
Setelah IC,
ukuran sirkuit & komponen elektrik makin kecil, muncul Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen
dalam sebuah chip. Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan
jumlah tersebut menjadi jutaan. Chip Intel 4004 (dibuat tahun 1971) membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen komputer (central
processing unit, memori. & kendali input/ output) dalam sebuah chip yang
sangat kecil.
Tahun 1970-an,
perakit komputer menawarkan minicomputer, dijual dengan paket piranti lunak
yang mudah digunakan, yang paling popular saat itu adalah program word
processing & spredsheet
Tahun 1981, IBM
memperkenalkan Personal Computer untuk penggunaan di rumah, kantor, dan
sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
laptop. Komputer dapat dihubungkan dalam suatu jaringan untuk berbagi memori,
piranti lunak, informasi, dan saling berkomunikasi.
o
Generasi
V (1995-Sekarang)
Komputer
generasi V merupakan komputer masa depan yang ditandai dengan kecerdasan buatan
(artificial intelligence), dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu
meniru nalar manusia serta kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing.
KLASIFIKASI
KOMPUTER
DATA YANG
DIOLAH
Berdasarkan data yang diolah, komputer dibedakan
menjadi:
o
Komputer
Analog, digunakan untuk menerima sinyal analog. Biasanya
digunakan untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, seperti
penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain.
Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
o
Komputer
Digital, data yang diterima sudah berupa data digital. Fungsinya
digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka,
huruf, tanda baca dan lain-lain. Jenis komputer ini banyak digunakan oleh
masyarakat umum.
o
Komputer
Hybrid, memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer
digital, diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif
maupun kualitatif.
PENGGUNAANNYA
Berdasarkan
penggunaanya, komputer dibedakan menjadi dua yaitu:
o
Special
Purpose Computer, dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah
tertentu, seperti untuk kasir pada supermarket.
o
General
Purpose Computer, komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum,
contohnya adalah personal computer.
SKALA
KEMAMPUANNYA
Berdasarkan skala kemampuannya, komputer dibedakan
menjadi:
o
Small
Scale Computer, memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil, seperti
komputer desktop.
o
Medium
Scale Computer, merupakan Komputer yang biasanya melayani penggunanya
pada dumb terminal (hanya terdiri dari monitor & keyboard dan hanya dapat
menampilkan apa yang dapat diterima tetapi tidak dapat melakukan pemrosesan
lain).
o
Large Scale
Computer, merupakan komputer mainframe yang dapat diakses
beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap.
UKURANNYA
Berdasarkan
ukurannya, komputer dibedakan menjadi:
o Minicomputer, merupakan komputer server yang bersifat multiuser dan time shared, misalnya IBM AS/400. Komputer ini diproduksi untuk
meyediakan layanan pada perangkat komputer lainnya pada jaringan komputer (250
user secara simultan). Ukuran minicomputer lebih besar daripada microcomputer
dan workstation. Alat ini menggunakan data center, web server, network service,
virtualization, serta dilengkapi dengan powerfull processor, lost of memory,
large hard drives.
Varian
|
Processor
|
OS
|
Memory
|
Storage
|
HP Proliant DL980 G7
|
Intel (Xeon) 8 processor, 10 cores per CPU
|
Windows, Suse Linux Enterprise, Red Hat Enterprise
|
Up to 4 TB
|
8 SSF/SSD SAS
|
o Microcomputer
Merupakan
perangkat komputer berukuran relatif kecil yang didesain sedemikian rupa untuk
memenuhi kebutuhan komputasi pemakai umum. Microcomputer ini dapat berupa
notebook/laptop, tablet, smartphine, handheld computer, dan PDA.
Varian
|
CPU
|
OS
|
Memory
|
Storage
|
Desktop PC/ Laptop
|
Intel, AMD
|
Windows, Linux, Mac OS
|
8GB
|
2 TB
|
Smartphone
|
ARM, Qualcomm, Apple
|
Android, Windows Phone, iOS, BB, Tizen
|
2 GB
|
64 GB
|
Thin Client
|
ARM, VIA
|
Embedded Linux, Embedded Windows
|
4 GB
|
2 GB
|
o Workstation
Seperti
halnya microcomputer, namun dengan kemampuan yang lebih tinggi (CPU, Memory,
GPU, storage), kebanyakan digunakan untuk perancangan gambar teknik (CAD/CAM),
pengolahan grafis 3D, video, hingga pengembangan software.
Varian
|
Processor
|
OS
|
Memory
|
Storage
|
|
HP Z230
|
Intel (core i7, Xeon)
|
Windows, Suse Linux Enterprise, Red Hat Enterprise
|
Up to 32 GB ECC/ non-ECC
|
Up to 9 TB
|
|
o Mainframe, mirip dengan minicomputer namun lebih besar yang
umumnya digunakan untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan
besar, dimana membutuhkan pengolahan data yang cukup berat. Kemenkeu pernah
memiliki mmainframe tersebut yang digunakan untuk mencetak dokumen anggaran
(DIK & DIP), terakhir kali digunakannya untuk pencetakan DIP pada (sekitar)
tahun 2001.
o Supercomputer, merupakan komputer yang powerfull dimana aplikasi
yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini
memiliki beberapa processor sekaligus untuk menjalakan tugas, contohnya: Earth
Simulator yang digunakan untuk memonitor efek pemanasan global dan masalah
geofisika bumi.
Superkomputer
Sumber: https://img.purch.com
PENGGOLONGAN KOMPUTER
Tipe
|
Processor
|
Form Factor
|
OS
|
Speed
|
Mainly
Used
|
Supercomputer (operates in nano or pico second)
|
Large number
|
blade- cabinet - room
|
Specially tailored (most linux)
|
33,86 Petaflops
|
Weather forecasting, climate research, energy
resource, physical simulations
|
Mainframe
|
Large number
|
Node-cabinet
|
Specially tailored (most linux)
|
981,024 MIPS
|
Large Business Env.
|
Server
|
8 processor
|
Blade, tower, rack
|
Windows, Linux
|
n * MIPS
|
Medium Business env.
|
Workstation
|
Single with multicore
|
Tower, Laptop
|
Windows, linux, Mac OS
|
n * 100 MIPS
|
Advanced User
|
Microkomputer (operates in nanosecond)
|
Single with multicore
|
Desktop PC, Laptop, Tablet, Smartphone, PDA
|
Windows, Linux, Mac OS
|
100 MIPS Single
core 2.8 GHz (1 instruction = 20 cycle)
|
Common user
|
MICROCONTROLLER
Microcontroller
adalah jenis komputer khusus yang dibenamkan dalam suatu perangkat elektronik.
Contoh peralatan yang terdapat microcontroller di dalamnya yaitu microwave,
televise, kamera digital, video recorder, mesin penjawab otomatis, printer
laser, telepon, mesin cuci dan saat ini banyak digunakan dalam pembuatan robot
pintar.
Microcontroller
Sumber: https://s.hswstatic.com
DIGITASI DATA
Digitasi data merupakan pengubahan data karakter ke
dalam bentuk rangkaian kode ‘1’ dan ‘0’ . Pengubahan tersebut dimaksudkan agar
karakter yang biasa dibaca oleh manusia dapat dibaca oleh mesin. Cara transformasi
karakter ke Bahasa biner meliputi:
1.
ASCII (American Standard Code for Information Interchange)
2.
SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchanged Code)
3.
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchanged Code)
4.
Unicode
ASCII
Terdapat
dua macam ASCII, yaitu yang mempergunakan 7 bit dan 8 bit. Pada ASCII yang
mempergunakan 7 bit, terdapat dua kelompok karakter, yaitu:
1.
Karakter Kontrol, digunakan untuk mengontrol pengiriman
atau transmisi data.
2. Karakter Informasi, merupakan karakter yang mewakili data.
Terdapat beberapa macam karakter kontrol, yaitu
o Transmission
control, digunakan untuk mengendalikan arus data yang
dikirimkan melalui media transmisi. Contoh : SOH (Start of Header), STX (Start
of Text), EOT (End of Text);
o Format
effector, digunakan untuk mengatur susunan secara fisik dari
informasi yang ditampilkan ke layar. Contoh : LF (Line Feed), CR (Carriage
Return), FF (Form Feed);
o Device
control, digunakan utk mengendalikan peralatan fisik di
terminal;
o Information
separator, digunakan sebagai elemen pembatas data yang
ditransmisikan. Contoh : US (Unit Separator), RS (Record Separator), FS (File
Separator).
Unicode
Unicode
menggunakan 16 bit untuk merepresentasikan karakter. Shg banyaknya karakter yg
dpt direpresentasikan adalah 216 atau 65.536 karakter. Keunggulan
Unicode dari ASCII adalah kemampuannya utk menyimpan simbol/karakter yang jauh
lebih besar. Himpunan 256 karakter pertama dari Unicode merupakan pemetaan
karakter ASCII 8 bit, sehingga Unicode tetap kompatibel dengan ASCII. Selain
merepresentasikan seluruh karakter ASCII, Unicode dpt merepresentasikan juga
berbagai macam simbol diluar ASCII, seperti huruf Arab, Kanji, dan lain-lain.
BASIS
Bilangan
memiliki basis, yang biasa dipergunakan adalah basis 10 atau decimal.
Contoh sebuah bilangan:
1523, artinya:
= 1000 + 500 + 20
+ 3
= 1 . 1000 + 5 . 100 + 2 . 10 + 3 . 1
= 1 . 103 + 5 . 102 + 2 . 101
+ 3 . 100
Contoh basis bilangan:
o
System bilangan jam, menggunakan basis 12
o
Perhitungan hari, menggunakan basis 7 (ahad= 1, Senin=
2, Sabtu= 0)
o
Desimal (basis 10): 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
o
Oktaf (basis 8): 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
o
Heksa decimal (basis 16): 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9,
A, B, C, D, E, F
o
Biner (basis 2): 0, 1
BINER (basis 2): 0,1
Perubahan dari basis 10 ke biner dilakukan dengan
operasi division (pembagian bulat) dan modulus (sisa pembagian bulat).
Contoh: 39 akan diubah menjadi basis 2
39
dibagi 2= 19, sisa 1
19
dibagi 2= 9, sisa 1
9 dibagi
2= 4, sisa 1
4 dibagi
2= 2, sisa 0
39=
100111
CARA KERJA KOMPUTER
Sistem komputer
adalah rangkaian terintegrasi dari hardware dan software yang didesain untuk
memproses data dan menghasilkan informasi. Agar komputer dapat digunakan untuk
mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem
komputer. Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan
informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari
perangkat keras, perangkat lunak, dan brainware. Perangkat keras adalah
peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah adalah program yang
beisi instruksi-instruksi, dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam
operasi komputer.
Input
Device
Input device adalah perangkat keras yang berfungsi
sebagai alat untuk memasukkan data atau instruksi ke dalam komputer. Yang
termasuk input device diantaranya yaitu : keyboard, pointing device (mouse,
touchpad, touchscreen), scanner, sensor, microphone, remote control, digital
video camera, code reader, dsb.
·
Keyboard adalah contoh perangkat input untuk input
teks.
·
Pemindai adalah contoh perangkat input untuk grafis
serta input teks.
·
Mikrofon adalah contoh perangkat input untuk input
audio
·
Kamera web adalah contoh perangkat input untuk input
video.
·
Mouse juga merupakan perangkat input tetapi disebut
perangkat penunjuk yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer.
Output
Device
Output device adalah perangkat keras yang berfungsi
untuk menampilkan/menghasilkan informasi sebagai hasil dari pengolahan data. Secara
umum, output device dapat berupa hardcopy, softcopy, atau suara. Sebagai
contoh, yaitu monitor, printer, speaker, dsb.
-
Monitor adalah
contoh perangkat keluaran yang dapat digunakan untuk menampilkan teks. Ini juga
dapat menampilkan grafik dan video. Ini mirip dengan satu set televisi yang
menerima sinyal video dari komputer dan menampilkan informasi di layarnya.
-
Proyektor Liquid
Crystal Display (LCD) menggunakan sumber cahayanya sendiri untuk
memproyeksikan apa yang ditampilkan pada komputer di dinding atau layar
proyeksi. Sebuah proyektor pemrosesan cahaya digital (DLP) menggunakan cermin
kecil untuk memantulkan cahaya yang dapat dilihat dengan jelas di ruangan yang
cukup terang.
-
Printer adalah
perangkat keluaran yang mencetak teks dan gambar pada media fisik seperti
kertas atau film transparansi.
-
Perangkat output
audio
menghasilkan musik, ucapan, atau suara lainnya. Sepasang speaker adalah
perangkat output audio yang menghasilkan suara. Headphone adalah sepasang
speaker kecil yang ditempatkan di atas telinga dan dicolokkan ke port pada
kartu suara. Sebuah woofer atau subwoofer digunakan untuk meningkatkan suara
bass rendah dan terhubung ke port pada kartu suara.
Storage
Device
Storage device adalah perangkat/peralatan
yang digunakan untuk menyimpan data. Terdiri dari primary storage (main memory)
dan secondary storage.
Storage Device
Sumber: https://4.bp.blogspot.com
Communication
Device
Communication
device adalah perangkat/peralatan yang digunakan untuk dapat melakukan
komunikasi data, seperti kartu jaringan, modem, switch, router, access point,
repeater.
Bus
Bus adalah jalur komunikasi elektronik yang
menghubungkan setiap komponen hardware dalam sebuah komputer. Struktur bus
secara umum terdiri atas data bus, address bus, dan control bus. Contoh bus:
memory bus, FSB.
Chipset
Chipset adalah perangkat/elemen yang bertindak sebagai
pengatur lalulintas data antara CPU, memory, dan perangkat lainnya. Umumnya
terdiri atas northbridge dan southbridge.
Chipset
Sumber: https://image.dhgate.com
Komentar
Posting Komentar